Tekanan dan propaganda di China: Realitas meliput di Xinjiang

  • John Sudworth
  • BBC News, Beijing

46 menit dengan lalu

John Sudworth in Xinjiang

Selain pembatasan ketat yang diberlakukan di dalam jurnalis asing yang mencoba melaporkan kebenaran terkait apa yang berlaku wilayah paling barat Xinjiang, China memiliki taktik baru: memberi etiket pada liputan independen sebagai “berita palsu”.

Pada malam hari, masa kami melakukan perjalanan selama berjam-jam di sepanjang jalan raya gurun Xinjiang, mobil-mobil yang tak dikenali, yang sudah mengikuti kami semenjak kami tiba, mengejar kami secara kecepatan tinggi, mengemudi dalam jeda dekat yang berbahaya dengan lampu depan menyala penuh.

Pengendara mobil itu- yang tidak pernah mengidentifikasi diri- memaksa kami untuk meninggalkan utama kota dengan mengusir kami dari restoran dan toko, serta memerintahkan pemiliknya untuk tidak melayani kami.

Informasi yang kami buat, terlepas sebab kesulitan ini, mengungkapkan bukti hangat – sebagian besar berdasarkan dokumen kebijakan China sendiri – bahwa ribuan orang Uighur dan minoritas lainnya dipaksa untuk memetik kapas di wilayah penghasil seperlima lantaran produksi kapas dunia.

Tapi sekarang media yang dikelola Partai Komunis China telah mendirikan laporan mereka sendiri tentang pemberitaan kami, menuduh BBC melebih-lebihkan jalan yang dilakukan pihak berwenang buat menghalangi tim kami dan menyebutnya “berita palsu”.

Video yang dibuat oleh China Daily – sebuah tulisan kabar berbahasa Inggris – sudah diunggah di kedua situs jalan sosial China, serta platform internasional yang dilarang di China.

Cotton workers in Xinjiang

Hannah Bailey, spesialis urusan disinformasi digital China yang disponsori negara di Oxford Internet Institute, menunjukkan bahwa serangan kritis dalam bahasa Inggris, yang dilengkapi dengan terjemahan bahasa Mandarin membuat peristiwa itu tidak biasa.

“Ini jelas dibuat dengan mempertimbangkan audiens internasional dan domestik, ” katanya kepada saya, “yang agak berbeda dari strategi sebelumnya”.

“Konten sebelumnya yang diproduksi untuk penonton dari China lebih berat terhadap negara-negara Barat, dan lebih nasionalis, sedangkan konten yang diproduksi untuk penonton internasional menggunakan aksen yang lebih damai. ”

Laporan China Daily berfokus pada pertengkaran pada luar gerbang depan pabrik tekstil di kota Kuqa, saat tim BBC dikelilingi oleh sekelompok eksekutif dan pejabat lokal.

pabrik tekstil Kuqa

Dugaan itu, berdasarkan rekaman tustel tubuh yang diberikan oleh penjaga yang tiba di lokasi perkara, dengan mudah dibantah. Pembicaraan yang sopan antara tim kami dan petugas polisi digunakan untuk menunjukkan bahwa BBC membesar-besarkan peran bagian berwenang dalam mencegah liputan kami.

Namun China Daily memilih untuk tidak menyebutkan bahwa beberapa rekaman saya telah dihapus secara paksa serta kami diminta untuk menemani aparat polisi yang sama ke lokasi lain sehingga dia dapat tahu gambar yang tersisa. Berita itu juga tidak menjelaskan konteks yang lebih luas, juga tidak memberi BBC hak untuk menjawab.

Selama jangka waktu kurang dari 72 jam di Xinjiang, kami terus-menerus diikuti dan, pada lima kesempatan terpisah, didekati oleh orang-orang yang berusaha menghentikan kami untuk merekam pada depan umum, terkadang dengan kebengisan.

Chinese officials with BBC producer Kathy Long in Xinjiang

Setidaknya dalam perut kasus, kami dituduh melanggar privasi orang-orang. Mereka mengatakan upaya mereka untuk menghentikan kami telah memproduksi orang-orang berjalan di depan tustel kami.

Petugas polisi berseragam yang mendatangi “insiden” ini dua kali menghapus rekaman kami dan, pada kesempatan lain, kami sempat ditahan oleh pejabat lokal yang mengklaim kalau kami telah melanggar hak-hak petani dengan merekam area perkebunan.

Jalan propaganda China mungkin dilakukan sebab negara itu percaya betapa merusaknya liputan Xinjiang terhadap reputasi internasionalnya.

Namun upaya untuk menyerang media Barat- yang biasanya disensor – di dalam negeri menimbulkan beberapa risiko, di antaranya dapat mengungkap rencana yang sebelumnya ada di sungguh domain publik.

Sebuah foto satelit, tertanggal Mei 2019, menunjukkan sekelompok karakter sedang dipindahkan antara pabrik tekstil Kuqa dan kamp pendidikan ulang yang terletak di sebelahnya, lengkap dengan menara pengawas dan dinding keamanan internal.

Open-source satellite image of Kuqa facility

China Daily, yang menyebut kamp tersebut dengan terminologi resmi “Pusat Pelatihan Kejuruan” mengatakan upaya kami untuk membuat film tidak ada gunanya karena, kata mereka, kamp itu ditutup pada Oktober 2019.

Jika itu benar, ini hanya membuktikan kalau kamp itu beroperasi saat gambar itu diambil – dan menunjukkan alasan kuat untuk penyelidikan bertambah lanjut.

Sekarang audiens China dan Barat sama-sama dapat merenungkan siapa orang-orang yang ada dalam foto tersebut, mengapa mereka dipindahkan antara penjara dan pabrik, dan apakah pekerjaan yang mereka lakukan di sana kemungkinan besar dilakukan secara manasuka.

2px presentational grey line

Dalam sebuah ramah dengan salah satu petugas penjaga berseragam yang menyediakan rekaman kamera tubuh, video China Daily dengan tidak sengaja memberikan bukti betapa terencana dan berlapisnya kendali jurnalis di Xinjiang.

Petugas tersebut membenarkan bahwa, tidak lama setelah kami muncul di Kuqa, dia memanggil awak ke lobi hotel untuk memberi peringatan tentang “hak dan makna kami”.

Faktanya, staf hotel memberi cakap kami bahwa kami dilarang membelakangi hotel sampai setelah pertemuan tersebut berlangsung.

Acara itu juga dihadiri sebab dua petugas propaganda yang ditugaskan untuk menemani kami selama sisa waktu kami di Kuqa kacau menambahkan satu mobil lagi ke antrean panjang mobil yang mendaftarkan kami kemanapun kami pergi.

Jauh sejak berita palsu, bukti kami, bergabung dengan propaganda pasca-publikasi yang dirancang untuk melemahkannya, adalah bukti jalan terkoordinasi untuk mengontrol narasi, yang dimulai dari orang-orang yang memasukkan kami hingga ke tingkat akan, yakni pemerintah.

A vocational skills education centre in Xinjiang, September 2018

Sekembalinya ke Beijing, kami dipanggil ke pertemuan dengan pejabat yang bersikeras bahwa kami harus meminta izin dari pemilik pabrik pra merekam.

Kami menunjukkan bahwa peraturan jalan China sendiri tidak melarang pemungutan gambar bangunan dari jalan ijmal.

China menggunakan proses akreditasi untuk pewarta asing sebagai alat kontrol, memperpendek masa visa, dan mengancam tak akan diperpanjang visa mereka dengan liputannya tidak disetujui.

1px transparent line

Setelah publikasi hasil liputan, periode visa saya dipersingkat dan pihak berwenang menjelaskan bahwa itu merupakan hasil dari pelaporan saya dalam Xinjiang.

China Daily juga menuduh BBC menggunakan kamera tersembunyi – padahal kami tidak melakukannya.

Dan mereka juga salah mengartikan rekaman dari tustel tubuh polisi dengan menduga tinjauan yang dibuat oleh produser BBC Kathy Long di luar kilang, bahwa kami tidak akan menggunakan gambar seorang laki-laki, ditujukan buat orang lain.

Dengan anggapan bahwa itu memiliki rekaman lengkap, sulit untuk memahami bagaimana kesalahan ini bisa terjadi.

Hannah Bailey dari Oxford Internet Institute mengatakan, seperti propaganda domestik China, narasi internasionalnya mungkin menjelma “semakin kritis dan defensif”.

“China sebelumnya telah mendemonstrasikan penggunaan berbagai kendaraan untuk memanipulasi wacana internasional dan domestik, dari bot Twitter maka outlet media internasional yang dikendalikan negara hingga apa yang disebut diplomat ‘Prajurit Serigala’, ” katanya kepada saya.

“Upaya untuk mendiskreditkan jalan asing juga merupakan bagian sejak hal ini. ”

Kami menawarkan China Daily kesempatan untuk mengomentari kelengahan dalam pelaporannya.

Dalam sebuah jawaban, yang tidak menjawab pertanyaan spesifik awak, dikatakan bahwa setelah mengunjungi Xinjiang dan melakukan wawancara, telah disimpulkan bahwa “tidak ada kerja menekan di Xinjiang”.

Video propagandanya berakhir secara seorang pekerja di pabrik kain Kuqa ditanya mengapa dia ada di sana – sebuah pertanyaan yang datang, yang pastinya dia tahu betul, dari wartawan di bawah kendali langsung Partai Komunis China.

“Saya memilih untuk bekerja di sini, ” katanya kepada mereka.

BBC

Related Post