Sarjana Jepang bangkitkan kembali mikroba berumur 100 juta tahun

Sarjana Jepang bangkitkan kembali mikroba berumur 100 juta tahun post thumbnail image

Ilmuwan Jepang mengucapkan mereka telah menghidupkan kembali mikroba yang berada dalam keadaan tak aktif selama lebih dari 100 juta tahun.

Organisme kecil ini bertahan di dasar laut Pasifik Selatan – dalam endapan yang miskin nutrisi, tetapi memiliki oksigen yang cukup untuk memungkinkan mereka hidup.

Mikroba adalah salah satu organisme paling sederhana di dunia, & beberapa dapat hidup di dunia ekstrem, di mana bentuk kesibukan yang lebih maju tidak sanggup bertahan hidup.

Setelah diinkubasi oleh para-para ilmuwan, mikroba mulai makan & berkembang biak.

Penelitian ini dipimpin oleh Badan Jepang untuk Sains Kelautan-Bumi dan Teknologi dan diterbitkan pada jurnal Nature Communications.

“Ketika saya menjumpai mereka, saya pertama kali ragu apakah temuan itu berasal sebab kesalahan atau kegagalan dalam pemeriksaan, ” kata penulis utama Yuki Morono kepada AFP.

“Kita sekarang tahu bahwa tidak ada batasan sempurna untuk [organisme di] biosfer bawah laut”.

Profesor yang juga setia laporan itu Steven D’Hondt, dibanding University of Rhode Island, mengutarakan mikroba itu berasal dari contoh tertua yang diambil dari pokok laut.

“Dalam sedimen tertua yang awak bor, dengan jumlah makanan menyesatkan sedikit, masih ada organisme hidup, dan mereka dapat bangun, tumbuh, dan berlipat ganda, ” katanya.

Studi sebelumnya telah menunjukkan bagaimana bakteri dapat bertahan hidup di tempat-tempat yang ekstrem, termasuk di sekitar ventilasi bawah laut yang tanpa oksigen.

Morono mengatakan temuan baru membuktikan bahwa beberapa struktur hidup paling sederhana di Bumi “sebenarnya tak memiliki konsep umur”.

Related Post

Polusi udara Jakarta: Menanti putusan hakim setelah kasusnya tergantung hampir dua tahun berantakan ‘Saya ingin anak aku hidup lebih sehat’Polusi udara Jakarta: Menanti putusan hakim setelah kasusnya tergantung hampir dua tahun berantakan ‘Saya ingin anak aku hidup lebih sehat’

sejam yang lalu Sumber gambar, JARANG Pengadilan Negeri Jakarta Induk dijadwalkan menjatuhkan putusan kepada gugatan warga Negara ataupun citizen lawsuit terkait pencemaran udara di Jakarta hari ini, setelah kasus

Peristiwa Djoko Tjandra: Buron kasus manipulasi kembali ke Indonesia, Kejagung dikritik tak aktif sebar informasi perkara buron

Peristiwa Djoko Tjandra: Buron kasus manipulasi kembali ke Indonesia, Kejagung dikritik tak aktif sebar informasi perkara buronPeristiwa Djoko Tjandra: Buron kasus manipulasi kembali ke Indonesia, Kejagung dikritik tak aktif sebar informasi perkara buron

Kejaksaan Agung didesak proaktif menyuplai identitas buron dalam daftar pencarian orang (DPO) ke berbagai badan pemerintahan, termasuk lembaga di tingkat paling bawah seperti kelurahan. Kejagung belakangan dikritik karena buron