Bill Cosby: Pernah menjadi tukang semir, lalu dikenal sebagai komedian tenar hingga ‘ternoda’ kasus penyerangan seksual

13 menit yang lalu

Bill Cosby

Sumber gambar, Reuters

Bill Cosby sudah dikenal jutaan orang sebagai “America’s Dad”, tetapi nama baik komedian itu hancur masa dia dijatuhi hukuman tiga hingga 10 tahun tangsi setelah dinyatakan bersalah melangsungkan penyerangan seksual.

Vonis itu kini dibatalkan, & pria berusia 83 tahun itu bebas dari penjara setelah menjalani dua tarikh hukuman.

Perannya sebagai Dr Cliff Huxtable yang indah hati dan selalu memakai sweter dalam serial bebodoran situasi terkenal era 1980-an, The Cosby Show , membuatnya menjadi tokoh masyarakat di GANDAR.

Tetapi lebih dari selusin perempuan menuduh Cosby melangsungkan pelanggaran, dan salah-satu peristiwa berhasil dibawa ke pengadilan.

Mahkamah Mulia memutuskan Cosby semestinya tak dikenai dakwaan dalam kejadian itu.

Bagaimana perjalanan depan Cosby hingga kejatuhannya sekitar ini?

Baca pula:

Bagaimana kariernya dimulai?

Lahir pada tahun 1937 di kompleks sendi susun milik pemerintah dalam Philadelphia, William Henry Cosby Jr muda melakoni jadi penyemir sepatu dan main di supermarket lokal untuk membantu keluarganya memenuhi kebutuhan.

Kehidupan awalnya bersinggungan dengan tragedi ketika salah utama empat saudara laki-lakinya meninggal dan dia, sebagai budak sulung, menjadi figur ayah.

Kisah-kisah selama masa madrasah menggambarkan dirinya sebagai pelawak dan pendongeng yang suka menghibur teman-teman sekelasnya.

Setelah lulus sekolah tempat bergabung Angkatan Laut GANDAR, kemudian melanjutkan ke universitas dan bekerja paruh masa sebagai bartender.

Bill Cosby

Sumber tulisan, Michael Ochs Archives/Getty

Mengisi peran sebagai komedian pada sebuah klub, dia membuka jalan demi ketenaran kala depannya.

Debutnya pada kegiatan Tonight Show di metode televisi NBC pada 1963 menghasilkan kontrak rekaman secara Warner Brothers, dan merilis serangkaian album komedi yang memenangkan penghargaan.

Salah satu album komedinya, To Russell, My Brother, Whom I Slept With pada 1968, dia menetapkan tema yang akan mendefinisikan karya-karyanya kepala sosok ayah disiplin sekali lalu pengasih; kakak beradik yang bisa bersekongkol bersama di dalam satu menit, lalu silih ribut; dan sosok percaya diri dalam ikatan tanggungan.

Dalam sampul albumnya ada catatan: “Selama di tempat panggung, Cosby tidak sudah sekali pun melawak. Tempat tidak bernyanyi atau menari atau melakukan trik. Dengan dia lakukan hanyalah berbicara” – tetapi dia berhasil mempesona 10. 000 pemirsanya.

Pada saat album dirilis, Cosby sudah menjadi kartika TV.

Batasan apa yang dilanggar Cosby sebagai bintang film kulit hitam?

Dalam 1965, ia menjadi aktor kulit hitam pertama yang membintangi serial drama, masa ia berperan dalam kesibukan pertunjukan bertema mata-mata, I Spy .

Dia memerankan Alexander Scott, mata-mata yang menyamar sebagai instruktur tenis, bersama Robert Culp, yang memerankan jadi sesama mata-mata, Kelly Robinson.

Tayang perdana selama masa pergolakan besar terkait hubungan ras di AS, rancangan tu dilarang oleh kira-kira stasiun di beberapa negara bagian di wilayah selatan.

Tapi Cosby lalu meraih penghargaan Emmy sebagai aktor terbaik selama tiga kali berturut-turut untuk perannya – sebuah rekor yang masih bertahan.

I Spy

Sumber tulisan, Rex Features

Terlepas dibanding ketenarannya di TV, Cosby membuat keputusan sadar buat tidak secara langsung membahas hubungan ras dalam perannya – lebih memilih tantangan yang lebih halus ketimbang status quo.

“Orang kulit putih mendengarkan akting kami, dan dia tertawa, dan dia berpikir: ‘Ya, begitulah cara saya melihatnya, ‘” dia pernah berkata.

“Oke. Dia kulit putih. Awak Negro. Dan kita berdua melihat hal-hal dengan cara yang sama. Itu jelas berarti kita mirip. Betul kan? ” Jadi kupikir begini, saya melakukan penuh hal untuk hubungan antar-ras yang baik.

The Cosby Show , yang diluncurkan oleh NBC di dalam 1984 dan ditayangkan selama delapan musim, merupakan keberhasilan terbesarnya dan menjadikannya jadi karakter populer.

Bersandarkan karakternya itu, penggambaran Cosby tentang seorang dokter dengan berpendidikan dan kaya sundal – Heathcliff “Cliff” Huxtable – dan upayanya meninggikan lima anak kecil mirip dengan hidupnya sendiri.

Peran istri dalam serial masyhur itu, Claire, secara dingin didasarkan pada istrinya sendiri, Camille, yang dinikahinya dalam 1964.

Bill and Camille Cosby

Sumber gambar, Reuters

Serial komedi situasi tersebut ditonton oleh sekitar 30 juta pemirsa setiap minggunya. Pada 1989, serial ini menghasilkan US$4 juta sebulan untuk hak sindikasi saja.

Ketika serial ini dihentikan pada 1992, Cosby melakukan sejumlah proyek, di antaranya peran dalamn beberapa film, tetapi tidak pernah mampu meniru kesuksesan The Cosby Show .

Pada 2013, ia menyambut sambutan hangat untuk acara stand-up TV pertamanya pada 30 tahun, yang membuatnya gelar tur pertunjukan dalam banyak kota.

Namun upayanya untuk kembali menjadi berantakan tatkala sejumlah perempuan melancarkan tuduhan kepadanya atas kejadian penyerangan seksual hampir 30 tahun silam.

Apa tuduhannya?

Tuduhan itu perdana kali muncul pada 2005, ketika Andrea Constand, dengan saat itu menjabat Direkur Operasi Bola Basket perempuan di Universitas Temple, Philadelphia, mengatakan dia dibius serta dianiaya oleh sang bintang di rumahnya, setahun sebelumnya.

Jaksa menolak untuk mengajukan tuntutan, dengan alasan kurangnya bukti, tetapi Constand mengajukan kasus perdata terhadap sang komedian.

Andrea Constand arriving at court in 2017

Sumber gambar, Getty Images

Tiga belas perempuan, 12 di antaranya tetap tidak mau disebut jati dirinya alias anonim, bersedia menjadi saksi, dan masing-masing dengan laporan yang serupa yaitu kebengisan seksual.

Cosby membantah seluruh tuduhan, yang disebut pengacaranya “tidak masuk akal”, & perkara itu diselesaikan pada luar pengadilan pada tahun 2006 untuk jumlah dengan tidak diungkapkan.

Pada tahun-tahun berikutnya, beberapa saksi dalam kasus Constand menceritakan kisahnya kepada media.

Namun tuduhan itu tidak dilaporkan secara lengkap sampai agenda kembalinya Cosby di TV mendorongnya kembali menjadi sentral perhatian.

Lebih dari 50 perempuan menuduh sang bintang melakukan serangan seksual atau pemerkosaan, tetapi karena batasan waktu kasus, hanya utama orang – Andrea Constand – membawa kasus itu ke pengadilan pidana.

Para-para pengacara Cosby secara tetap membantah berbagai tuduhan tersebut, dan menanyakan mengapa para perempuan itu tidak mengajukan gugatan hukum pada saat mereka mengatakan dirinya diserang.

Pada 2014, Cosby mengutarakan dia tidak menanggapi bermacam-macam tuduhan atas dirinya di depan umum, karena “seorang pria tidak harus menjawab sindiran”.

Obat penenang, dengan disebut Quaaludes , membuat orang tak bisa bergerak.

Tuduhan itu mengganggu harapannya untuk balik ke bisnis pertunjukan.

Stasiun kabel TV Land membatalkan The Cosby Show, beberapa acara stand-upnya dibatalkan dan pengunjuk rasa pegari di acara yang sedang dia tonton.

Patungnya dipindahkan dari taman MGM Hollywood Studios di Florida, serta beberapa perguruan tinggi mencopot gelar kehormatan yang itu berikan kepadanya.

Potretnya diturunkan dari dinding di almamaternya, Temple University di Philadelphia, dan dia mengundurkan diri dari dewan pengawas.

Bill Cosby in graduation robes

Sumber gambar, Don Murray/Getty Images

Apa yang terjadi ketika kasus itu sampai ke pengadilan pidana?

Awalnya, tampaknya tidak mungkin menjerat secara hukum kasus-kasus kriminal atas Cosby, karena beberapa besar negara bagian GANDAR memiliki undang-undang pembatasan di kasus pemerkosaan dan penyerbuan seksual.

Namun, satu kejadian dapat diajukan ke pengadilan pidana, yaitu kasus Andrea Constand.

Kasus ini dipandang sebagai salah satu peristiwa pengadilan selebriti AS terbesar sejak persidangan pembunuhan bekas pemain sepak bola Amerika, OJ Simpson, pada 1995.

Dia mengatakan Cosby memberinya pil yang dia permintaan sebagai obat herbal serta mengatakan akan “menghilangkan tanggung pikiran”, tetapi yang membuatnya nyaris lumpuh.

“Di besar saya, saya mencoba menggerakkan tangan atau kaki aku, tetapi saya membeku”, katanya. Sekitar 20 menit lalu, katanya, dia meletakkan tangannya di alat kelaminnya.

“Saya tidak bisa melawannya dengan cara apa pun, ” katanya kepada pengadilan. “Saya ingin itu dihentikan. ”

Cosby terus menyangkal tuduhan itu. Dia tidak menganjurkan bukti di pengadilan namun memiliki seorang saksi.

Akhirnya, dengan Cosby peluang menghadapi sisa hidupnya pada penjara jika terbukti bersalah, juri menemui jalan pepet, dan sidang membatalkan vonisnya diumumkan pada Juni 2017.

Bagaimana persidangan ulangnya berbeda?

Persidangan ulangannya dengan dimulai pada 9 April 2018 itu berlangsung di suasana yang berubah.

Banjir tuduhan pelecehan seksual kepada pria berpengaruh di industri hiburan, seperti Harvey Weinstein dan Kevin Spacey, sudah memicu gerakan #MeToo.

Persidangan di Pennsylvania menjadi lengah satu kasus selebritas mula-mula di era #MeToo.

Keputusan hakim untuk menyetujui lima perempuan untuk menguatkan yang menyudutkan Cosby dipandang sebagai perkembangan penting.

Di kesempatan ini, juri membutuhkan waktu dua hari buat memutuskan komedian itu bersalah atas ketiga tuduhan penyerangan seksual.

Beberapa bulan kemudian, dia dijatuhi balasan total tiga sampai 10 tahun penjara.

Mengapa vonis bersalah atas Cosby dibatalkan?

Setelah menjalani dua tahun hukuman penjara, pada bulan Juni Mahkamah Agung Pennsylvania membatalkan hukumannya atas kasus serangan seksual.

Kaum jam kemudian, Cosby dikeluarkan dari penjara.

Majelis ketua menemukan bahwa Cosby telah ditolak proses hukumnya & seharusnya tidak diadili karena dia sudah mencapai kesepakatan dengan jaksa sebelumnya pada tahun 2005 bahwa tempat tidak akan dituntut.

Tetapi terlepas dari hasilnya, kira-kira analis hukum mengatakan, Cosby tidak akan bisa balik kepada kehidupannya seperti sebelumnya.

Reputasinya akan “selamanya ternoda”, kata pengacara Rikki Klieman dari CBS News.

“Dia tidak akan kembali menjadi America’s Dad, segenap hilang dari kehidupannya awut-awutan reputasinya, pekerjaan TV-nya, order kelab malamnya, juru kata – semuanya itu hilang. ”

Related Post